Sate Puting Susu, Kuliner Wajib Ramadhan Di Bali

  • 26 Februari 2017
  • Oleh: Denpasar Kota
  • Dibaca: 2033 Pengunjung

Bali khususnya Denpasar, bisa dengan mudah menemukan menu makanan ini di pusat-pusat kuliner Ramadan. Setiap tahun, sate puting susu menjadi kuliner yang diburu. Satai jenis ini paling ramai dijajakan selama Ramadan, walau sejumlah warga tetap menjualnya pada hari-hari biasa meski tak semarak saat Ramadan.

Setiap tahun, sate puting susu menjadi kuliner yang diburu di saat Ramadhan. Satai jenis ini paling ramai dijajakan selama Ramadan, walau sejumlah warga tetap menjualnya pada hari-hari biasa meski tak semarak saat Ramadan. Abdullah adalah salah satu, seorang penjual satai puting susu di Kampung Ramadan atau Kampung Jawa yang terletak di samping Masjid Baiturrahman, Denpasar. Kata dia, bahan baku utama satai adalah puting susu sapi yang diiris tipis-tipis.

Soal bumbunya, Abdullah yang telah 4 tahun berjualan sate susu ini, mengaku sate ini agak sedikit berbeda dari sate sate pada umumnya. campuran bumbu sate yang digunakan adalah campuran bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, cabe merah, ketumbar, garam dan gula pasir. Lalu, sediakan air santan secukupnya.

Pengolahannya, pertama rebus daging puting susu hingga empuk lalu tiriskan. Lalu, puting susu sapi dipotong kotak-kotak, kemudian tumis semua bumbu yang telah dihaluskan. Begitu harumnya sudah tercium, masukkan santan hingga mendidih, setelah itu, bakar daging puting susu sapi. Setelah matang, sirami dengan bumbu yang ditumis tadi. Satai susu siap disajikan.


  • 26 Februari 2017
  • Oleh: Denpasar Kota
  • Dibaca: 2033 Pengunjung

Kawasan Bisnis Terkait Lainnya