Pura yang Berada di Dalam Klenteng Bernama Ling Li Miao

  • 03 Februari 2020
  • Oleh: Denpasar Kota
  • Dibaca: 1001 Pengunjung

Klenteng atau miao dalam bahasa Hokkian merupakan sebutan untuk tempat ibadah penganut kepercayaan tradisional Tionghoa di Indonesia pada umumnya. Di beberapa daerah klenteng juga disebut dengan istilah tokong. Istilah ini diambil dari bunyi lonceng yang dibunyikan saat umat menyelenggarakan sembahyang. Klenteng bagi masyarakat Tionghoa tidak hanya berarti sebagai tempat ibadah saja. Klenteng juga berperan besar dalam proses kehidupan bermasyarakat masyarakat Tionghoa. Ada yang unik dengan sebuah klenteng di Bali yang dinamai Klenteng Ling Li Miao, di dalam klenteng ini terdapat pura.

Tak hanya pelinggih, di dalam klenteng Ling Li Miao terdapat juga pura yang sering digunakan sebagai lokasi sembahyang umat Hindu Bali. Hal ini membuktikan wujud toleransi yang besar di dalam hidup bermasyarakat warga di Bali.

Klenteng Ling Li Miao  terletak di daerah Tanah Kilap, Pemogan, Denpasar Selatan. Di sana, Anda akan menyaksikan perpaduan budaya yang amat indah antara Hindu—Budha. Di dalam Klenteng Ling Li Miao, Anda bisa menyaksikan umat bersembahyang mengenakan pakaian adat Bali, lengkap seperti halnya umat Hindu Bali yang hendak melaksanakan upacara piodalan biasa, atau upacara kuningan. Akan ada penjor yang menghiasi Klenteng Ling Li Miao. Tentunya hiasan meriah semacam ini hanya bisa disaksikan di hari Imlek dan hari besar keagamaan lainnya.

Warna merah dan kuning yang mendominasi Klenteng Ling Li Miao  akan dihias menjadi lebih cantik lagi pada saat Imlek. Meskipun, di hari-hari biasa, klenteng Ling Li Miao  sudah cantik tatkala dilihat oleh mata.

Di depan patung dewa, umat akan bersimpuh kemudian berdoa. Ada hio dan sesajian yang biasa dilakukan oleh umat Hindu Bali saat bersembahyang. Tentunya itulah wujud akulturasi yang nyata dapat dilihat. Setelah umat selesai bersembahyang, akan ada semacam pemangku yang memercikkan air suci 3 kali kemudian menempelkan beras di dahi umat sesuai dengan tradisi.

Anda mungkin takkan pernah menemukan adanya pura di dalam sebuah klenteng di tempat lain. Di Bali, Klenteng Ling Li Miao merupakan satu-satunya tempat ibadah yang di dalamnya terdapat tempat ibadah untuk umat agama lain. Menarik ya?

Untuk sampai di Klenteng Ling Li Miao, dari Kuta, Anda bisa melalui Jl. Griya Anyar ke tujuan Anda di Kota Denpasar. Masukilah daerah Pemogan, di sana Anda bisa bertanya pada orang bila sulit menemukan Klenteng Ling Li Miao. Akan tetapi, Anda jangan khawatir, sebab klenteng ini sangat dikenal warga, jadi Anda bisa dengan mudah menemukannya.


  • 03 Februari 2020
  • Oleh: Denpasar Kota
  • Dibaca: 1001 Pengunjung

Datang & Kunjungi Terkait Lainnya