Bali Orchid Garden

  • 06 Februari 2020
  • Oleh: Denpasar Kota
  • Dibaca: 1435 Pengunjung

Apakah Kamu adalah penyuka bunga beserta keindahannya? Jika jawaban Kamu adalah iya, jangan sampai melewatkan momen langka untuk berlibur ke Kota Denpasar di Bali.

Ialah Orchid Garden Bali, tempat yang cocok untuk Kamu pencinta bunga.

Berada di sebelah timur Bali selatan, taman ini menyuguhkan lingkungan alam yang damai, santai dan menyejukkan matamu meskipun berlokasi di pusat kota metropolitan Denpasar dan segala hiruk pikuknya.

Kamu bisa melihat koleksi bunga anggrek khas Indonesia hingga mancanegara yang cantik – cantik dalam nuansa warna – warni ceria yang mekar di sepanjang tahun. Tempat wisata ini bisa Kamu kunjungi bersama kelompok, tur atau pribadi ala backpacker.

 

Mengenal Lebih Dekat : Tanaman Hias Bunga Anggrek

Keistimewaan bunga anggrek adalah terletak pada jenis bunganya yang beragam dalam bentuk mahkota bunga serta warnanya dan sulit menjadi layu. Tanaman ini memiliki ciri khusus sehingga orang awam pun mudah mengenalinya. Bagian tubuh batang dan daunnya agak tebal, banyak mengandung air, sehingga membuat mereka tahan hidup terhadap kondisi kekurangan air. Simpanan air dalam tubuh batang dan daun diperoleh dari hujan, tetesan embun di pagi hari, atau uap air di udara terbuka yang diserap melalui akar.

Tanaman suku anggrek – anggrekan (orchidaceae) termasuk sebagai salah satu suku tumbuhan yang berbunga paling banyak di sepanjang tahun dan kaya akan jenis. Tumbuhan ini bisa tumbuh subur diberbagai belahan dunia, terutama pada daerah tropika basah. Daun anggrek pada umumnya berbentuk oval memanjang dengan tulang daun memanjang, merupakan ciri khas daun monokotil. Sementara bentuk bunganya adalah unik, cantik, menarik dan beragam sehingga menjadikannya berbeda dengan bunga dari jenis tumbuhan lainnya dalam satu suku.

Salah satu jenis bunga anggrek yang paling digemari oleh para kolektor bunga – bunga mahal di seluruh dunia adalah bunga anggrek bulan. Di samping karena bentuk tanaman hias ini indah dengan bunga berukuran lebar dan berwarna hijau segar, juga memiliki bunga yang indah dalam pilihan warna menarik seperti putih, kuning, jingga, hijau, hitam, atau marun, dan bunganya bisa bertahan lebih lama dibandingkan jenis bunga anggrek lainnya.

 

Inilah Taman Anggrek Terlengkap di Bali

Apa sih, yang menarik dari taman wisata bunga anggrek Bali Orchid Garden ?

BOG berlokasi di jalan Bypass Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Tepatnya dari arah Sanur menuju ke utara yaitu jalan raya menuju Desa Ubud. Objek wisata ini tergolong masih muda alias baru dikembangkan untuk dijadikan sebagai salah satu objek wisata alam mulai tahun 1998.

Bagian dari taman yang mampu menarik minat pengunjung untuk berlibur ke tempat ini adalah area shade house, sebuah bangunan unik berarsitektur khas Bali berbentuk kubah khusus untuk meletakkan tanaman yang tidak terlalu tahan dan jarang memerlukan sinar matahari secara langsung. Selanjutnya adalah beberapa pemandu taman dalam balutan pakaian adat Bali yang dengan ramah bertugas memberikan informasi seputar tanaman hias yang menjadi koleksi dari shade house.

Bagian lainnya di BOG yang menarik perhatian turis adalah balai bengong, pendopo, café, dan kios cendera mata.

Banyak cendera mata yang indah dan unik khas Bali, seperti bros dari kelopak anggrek yang diawetkan atau minyak wangi hasil penyulingan bunga anggrek tertentu yang mengeluarkan aroma wangi.

BOG sebenarnya lebih ditujukan untuk turis asing terutama yang dari Eropa dan AS sehingga tak mengherankan jika harga tiket yang mereka pasang di loker adalah Rp 100.000 per orang sekali masuk.

Faktor utama keunggulan taman ini adalah kebersihannya yang wajib dijaga setiap hari hingga ke sudut – sudut taman sehingga mata Kamu akan dibuat terlena oleh hamparan bunga – bunga anggrek yang ditanam di taman ini.

Saat pertama kali Kamu masuk ke halaman parkir BOG, Kamu akan melihat bagian gerbang yang berhias patung Dewa Wisnu dan Brahma sangat anggun menghiasi taman bunga, kemudian Kamu membeli tiket dan akan diberikan minuman dingin yang menyegarkan tenggorokan sebelum memasuki taman yang dibangun dan dikelola oleh seorang warga dari New Zealand ini.

Saat masuk ke area taman, Kamu akan disambut dengan aneka pakis dalam bentuk – bentuk klasik bergantungan dengan rapi, unik dan cantik disertai untaian tanaman bunga anggrek dendrobiums, anggrek cymbidium hartinahianum, anggrek langka paphiopedilum kolopakingii, anggrek lady slipper orchid, anggrek calypso orchid, anggrek giant ansellia, anggrek sogo cherry dan lain sebagainya.

Lanjutkan perjalananmu menyusuri jalan setapak yang pinggirannya dipenuhi oleh si cantik Kagawara Christie Low. Berikutnya Kamu akan dituntun untuk masuk ke terowongan kecil yang dipenuhi oleh tanaman hias dari mancanegara. Pemandu wisata yang menemani Kamu jalan – jalan keliling taman akan menjelaskan nama jenis dan tanaman hias serta kegunaannya yang Kamu lalui serta asal – usul tanaman tersebut secara singkat. Kamu juga bisa bebas foto – foto cukup lama di sini.

Tampilan anggun dari tanaman bunga anggrek Phalaenopsis Putih yang tergantung manis di bonsai pohon mangga. Ada pula koleksi lotus di kolam – kolam buatan, cordylines, costa, heliconia rostrata, kamus, mokaras, epidendrum, arachnis maggie oui, aranthera ‘ann black dan jenis tanaman hias lainnya yang tampak cantik menghiasi taman bunga ini.

 

Koleksi 500 Jenis Anggrek

Berdasarkan informasi dari pemandu wisata, di BOG diketahui mempunyai 820 jenis tanaman bunga anggrek khas Indonesia, Jepang, Arab Saudi dan mancanegara. Jenis anggrek dari luar negeri tercatat sekitar 500 tanaman jenis anggrek, 120 jenis bromeliad, dan 200 jenis tanaman hias mahal lainnya seperti heliconia dan ginger. Kendati terbatas dalam jumlah koleksi, beberapa wisatawan mancanegara tampak benar – benar menikmati koleksi bunga yang ada di taman ini. Mereka biasanya suka berfoto dengan aneka tanaman cantik di BOG.

Mau foto narsis ?

Kamu bisa minta tolong pemandu wisata taman untuk membantu mengambilkan foto terbaik jika ingin berfoto dengan latar belakang bunga – bunga anggrek yang indah. Mereka akan memilihkan sudut pandang pengambilan objek foto yang unik buat Kamu.

Apabila Kamu merasa lelah dan bosan keliling taman yang lumayan luas tersebut di atas, istirahat sebentar di kafe taman, Kamu bisa menikmati santap siang ala BOG yang menyuguhkan menu – menu Eropa, masakan siap saji seperti kentang goreng atau ayam goreng, aneka minuman olahan yang dingin dan segar, atau mencicipi sajian Nusantara seperti masakan Cina dan seafood atau sajian berupa sate.

 


  • 06 Februari 2020
  • Oleh: Denpasar Kota
  • Dibaca: 1435 Pengunjung

Datang & Kunjungi Terkait Lainnya