PASAR SENI KUMBASARI

  • 09 Februari 2020
  • Oleh: Denpasar Kota
  • Dibaca: 1549 Pengunjung

Bali memiliki banyak potensi wisata yang pantas dikunjungi oleh wisatawan, seperti yang populer adalah wisata alam, selain itu ada wisata edukasi, bahari, sejarah, kuliner, kesehatan, tirta dan yang selalu terpaut dengan liburan anda adalah wisata belanja. Membeli berbagai keperluan oleh-oleh untuk kenang-kenangan, baik untuk diri sendiri, kerabat ataupun keluarga. Beberapa tempat yang populer dijadikan tempat wisata belanja di Bali adalah toko Krisna, Erlangga, Hawaii Bali, pasar seni Sukawati, Ubud, Guwang, Kuta dan pasar seni Kumbasari, yang terletak di tengah-tengah kota Denpasar.

Dengan tersedianya pasar seni dan toko oleh-oleh modern, anda bisa menentukan pilihan tempat berbelanja sesuai keinginan dan selera, pada toko oleh-oleh modern seperti toko Krisna ataupun Erlangga menyediakan berbagai macam jenis kerajinan lokal serta produk lainnya bercirikan kerajinan tradisional khas Bali dengan tawaran harga pas, tetapi di pasar tradisional seperti pasar Sukawati dan pasar seni Kumbasari.

Dalam halaman ini akan dikemas info tentang pasar seni Kumbasari, di pasar ini anda bisa memilih berbagai jenis barang kerajinan tradisional khas Bali, baik itu berupa pakaian, kerajinan seni, pernak-pernik dan banyak lagi lainnya, transaksi terjadi dalam proses tawar menawar lebih dulu, tentu membutuhkan waktu sedikit lebih lama tetapi menyajikan sensasi berbelanja yang berbeda, cara tawar-menawar ini biasanya lebih disukai kaum ibu.

Pasar seni Kumbasari berada di tengah-tengah pusat keramaian Kota Denpasar tepatnya di Jalan Gajah Mada menjual aneka macam barang kerajinan dan barang oleh-oleh khas Bali. Lokasinya berseberangan dengan pasar Badung dipisahkan oleh sungai yang dinamakan Tukad Badung, sungai ini pada saat perang puputan Badung, sebagai jalur transportasi pasukan Belanda dalam melakukan invansinya, dan sekarang Tukad Badung ditata dengan baik dan menjadi destinasi wisata dan tempat rekreasi di tengah kota Denpasar. Aktivitas pasar yang 24 jam ini membuat kawasan ini selalu ramai, apalagi pada jam-jam sibuk, warga lebih cenderung memilih pasar ini karena merupakan pasar tradisional terlengkap dan terbesar di pulau Bali.

Pasar Kumbasari berdiri di atas lahan 6.230 M2, didesain dengan ornamen-ornamen Bali sehingga tampil cukup cantik di tengah kota, bisa sebagai tempat wisata belanja ideal bagi anda yang melakukan city tour. Pasar Kumbasari dibangun pada tahun 1977, pernah mengalami kebakaran pada tahun 2000, kemudian dilakukan renovasi dan pada tahun 2001 dibuka kembali. Pasar Kumbasari menjadi sebuah pilihan tempat berbelanja ideal bagi warga lokal maupun wisatawan, karena berbagai kebutuhan pokok bisa anda temukan di sini, termasuk juga barang oleh-oleh kebutuhan wisatawan bisa anda temukan dengan mudah.

Pasar Kumbasari dibangun 4 lantai, pada lantai dasar menyediakan berbagai jenis sembako, dan pasar lantai bawah tersebut buka mulai dini hari sampai pagi hari. Kemudian pada jam berikutnya, sekitar pukul 8 pagi berbagai kios dan los dari lantai dua sampai 4 mulai buka menawarkan berbagai jenis barang-barang kerajinan tradisional khas lokal. Pada lantai 2 pasar seni Kumbasari khusus menjual beraneka macam jenis pakaian, seperti pakaian adat Bali seperti udeng, kain dan destar, ditawarkan juga bed cover, sarung pantai, serta beraneka jenis tenun hasil kerajian Bali.

Di lantai 3 gedung pasar seni Kumbasari, menjual beraneka macam jenis lukisan, patung, ornamen Bali seperti ukiran, sepatu, sandal, sampai tas wanita. Pada lantai 4, berbagai jenis kerajinan, pernak-pernik untuk souvenier seperti kerajinan dari bahan kerang, kertas dan beberapa juga hasil kerajinan luar Bali. Di pasar seni Kumbasari menawarkan harga lebih murah, apalagi anda lihai dalam tawar-menawar, dan disediakan juga harga khusus untuk pembelian barang grosir. Penempatan dan peruntukan kios dan barang dagangan cukup teratur, sehingga pembeli bisa lebih mudah untuk menemukan barang oleh-oleh yang diinginkan.

Pasar tradisional ini sanggup memberikan berbagai pilihan mulai dari kebutuhan sandang dan juga pangan, tidak seperti pasar seni atau toko oleh-oleh modern yang hanya menyediakan salah satunya saja. Denpasar sendiri merupakan Ibu Kota Propinsi Bali, dan lokasi pasar seni Kumbasari dan juga pasar Badung berlokasi di pusat Kota tersebut, tidak heran aktifitas selalu ramai baik itu dengan penjual dan pembelinya. Jika anda mengagendakan acara tour di Bali dengan pilihan paket Denpasar City Tour, maka objek wisata yang bisa ditawarkan adalah wisata budaya dan sejarah, termasuk wisata belanja di pasar seni Kumbasari.

Keberadaan pasar seni Kumbasari ini, melengkapi tujuan wisata belanja bagi wisatawan yang mengagendakan tour ke wilayah kota Denpasar. Namun demikian pasar seni ini juga menjadi tujuan warga lokal, yang membutuhkan berbagai hasil kerajinan khas Bali, termasuk juga pakaian dengan harga lebih murah, apalagi anda lihai tawar menawar.


  • 09 Februari 2020
  • Oleh: Denpasar Kota
  • Dibaca: 1549 Pengunjung

Datang & Kunjungi Terkait Lainnya