Mengenal Desa Padangsambian Kaja Denpasar, Sejarah Hingga Nama Dusun

  • 01 April 2020
  • Oleh: Denpasar Kota
  • Dibaca: 1461 Pengunjung

Desa Padangsambian Kaja adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Denpasar Barat, DenpasarBali.

Desa Padangsambian Kaja memiliki luas wilayah 409 hektare.

Desa Padangsambian Kaja secara definitif berdiri sendiri menjadi desa persiapan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Bali Nomor 57 Tahun 1982 tertanggal 1 Juni 1982.

Sebagai suatu desa yang berada di pinggiran perkotaan Kota Denpasar, bentang alam Desa Padangsambian Kaja sebagian besar merupakan areal pemukiman warga.

Namun pada beberapa wilayah masih terdapat area budidaya, seperti sawah (Subak Pagutan dan Subak Srogsogan), tegalan, kebun, kawasan usaha dan pergudangan dan sebagainya.

POSISI

Desa Padangsambian Kaja berada di koordinat 115.1899 Bujur Timur dan -8.652808 Lintang Selatan.

Sebelah Utara Desa Padangsambian Kaja berbatasan dengan Kelurahan Sempidi

Sebelah Selatan Desa Padangsambian Kaja berbatasan dengan Kelurahan Padangsambian.



Sebelah Timur Desa Padangsambian Kaja berbatasan dengan Desa Ubung Kaja dan Kelurahan Ubung.

Sebelah Barat Desa Padangsambian Kaja berbatasan dengan Desa Dalung dan Kelurahan Kerobokan Kaja.

VISI

“Padangsambian Kaja Cerdas, Kreatif, Sehat, Asri, Lestari Berwawasan Budaya” atau dapat juga diringkas dengan “Cakra Sri Bawa”

MISI

  1. Meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan desa yang profesional, kreatif, inovatif, efektif, efisien, melayani, bersih, jujur, transparan, akuntabel dan partisipatif serta pemanfaatan teknologi informasi yang tepat guna.
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia di desa yang unggul dengan peningkatan layanan dan sarana prasarana pendidikan dan kesehatan yang baik.
  3. Meningkatkan kualitas lingkungan hidup di desa yang bersih, rapi dan lestari, serta peningkatan edukasi dan penanaman budaya disiplin lingkungan bagi seluruh lapisan masyarakat.
  4. Meningkatkan kualitas pembinaan kemasyarakatan, kepemudaan, olahraga dan pelestarian budaya, adat dan agama.
  5. Mewujudkan penguatan jati diri masyarakat desa yang berwawasan budaya, seimbang, harmonis dan humanis.
  6. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat yang kreatif dan inovatif dengan program yang terukur dan menghasilkan outcome bernilai ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat.
  7. Mewujudkan peningkatan dan pengembangan potensi ekonomi desa melalui pengembangan produk-produk unggulan desa, dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa yang lebih profesional, kreatif dan inovatif.

SEJARAH

Desa Padangsambian Kaja secara definitif berdiri sendiri menjadi desa persiapan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Bali Nomor 57 Tahun 1982 tertanggal 1 Juni 1982.

Sejak saat itu secara administratif Desa Padangsambian Kaja mulai dipisahkan dari Desa Induk yaitu Desa Padangsambian (yang sekarang menjadi Kelurahan Padangsambian).

Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Padangsambian Kaja secara resmi dimulai pada 10 Agustus 1982.

Saat dilantiknya Lurah atau Kepala Desa Persiapan secara serentak se-Kota Administratif Denpasar dan sekitarnya.



Wilayah Desa Padangsambian Kaja pada saat sebagian besar terdiri atas tanah pertanian lahan basah dan sebagian lahan tegalan.

Mata pencaharian masyarakat Desa Padangsambian Kaja saat itu sebagian besarnya adalah sebagai petani pemilik dan penggarap lahan.

Seiring perkembangan, lahan pertanian telah jauh berkurang seiring dengan pesatnya pengembangan wilayah dengan pembangunan kawasan pemukiman, dan dibangunnya infrastruktur pendukung yang memotong jalur-jalur pengairan yang secara masif terjadi pada dekade 1990-an.

Terjadinya program Land Consolidation (LC) yang menyebabkan petani pemilik lahan tidak lagi bisa mengolah lahannya sebagai lahan pertanian, dan tidak adanya lagi pasokan pengairan sebagaimana diatur oleh beberapa subak yang ada di Desa Padangsambian Kaja dahulu.

Hingga kini hanya tersisa 2 (dua) kelompok subak yang masih eksis meskipun lahan pertanian basah hanya tinggal tidak lebih dari 30 hektare saja.

NAMA DUSUN

Desa Padangsambian terbagi menjadi 9 wilayah kerja teknis kewilayahan yang disebut dengan dusun, yaitu sebagai berikut. 

1. Dusun Umaklungkung

2. Dusun Tegallinggah

3. Dusun Batukandik

4. Dusun Robokan

5. Dusun Batuparas

6. Dusun Pagutan

7. Dusun Dukuh Sari

8. Dusun Lepang

9. Dusun Tegehsari

(*)



 

 

 

 


  • 01 April 2020
  • Oleh: Denpasar Kota
  • Dibaca: 1461 Pengunjung

Datang & Kunjungi Terkait Lainnya