Puri Agung Pemecutan

  • 15 April 2020
  • Oleh: Denpasar Kota
  • Dibaca: 1895 Pengunjung

ngin mengetahui lebih dekat, sekilas perkembangan Bali adalah dengan mengunjungi objek wisata sejarah seperti yanganda saksikan saat berkunjung ke Puri Agung Pemecutan. Bangunan Puri dibangun tahun pada tahun 1686, dengan dasar bangunan dari batu bata merah dan pada serta beratapkan ijuk. Tembok yang mengelilingi bangunan puri setinggi 3.5 meter dan tebal 0.5meter, terlihat begitu kokoh dan megah. Areal puri sendiri cukup luas sekitar 4.2 hektar.

Puri Agung Pemecutan, menjadi salah satu tujuan agenda tour dan menjadi pilihan objek wisata di Bali, saat anda melakukan perjalanan city tour, letaknya strategis di jalan Thamrin, tengah-tengan kota Denpasar, berdekatan dengan pasar seni Kumbasari tempat menjual aneka kebutuhan oleh-oleh khas Bali dan pasar tradisional Badung. Dengan sewa mobil di Bali anda juga bisa tour keliling kota Denpasar, sambil mengunungi tempat wisata yang lain.

Bali memang memiliki wilayah kerajaan lebih banyak, setiap kabupaten seperti sekarang ini memiliki kerajaan dan kekuasaan masing-masing serta berhak mengatut wilayahnya sesuai kebijakan kerajaan, sebelum Indonesia merdeka di tahun 1945. Raja memiliki kekuasaan tertinggi atas wilayahnya. Seperti juga Puri Agung Pemecutan ini. Ciri-ciri fisik bangunan bersejarah ini yang dominan dari batu bata merah tradisional, terlihat begitu unik dan menarik, sehingga pantas untuk anda kunjungi saat wisata di Bali.

Memasuki pintu gerbang utama Puri Agung Pemecutan, anda seolah diajak kembali menengok masa kejayaan sebuah kerajaan pada masa lampau, situasinya tenang penuh arsitektur kuno yang indah, sehingga menjadi tempat wisata istimewa saat dalam perjalanan tour di Bali dan ingin mengenal lebih dekat, bangunan-bangunan sejarah masa lampau. Di sini terdapat halaman depan yang disebut sebagai Jaba Jeroning Cerangcang, pada sudut bagian Barat ada Jaba Bale Gong sebuah tempat untuk menyimpan gamelan atau alat musik kuno, ada juga dapur dan kamar untuk tempat tinggal keluarga kerajaan.

Pemecutan berasal dari pecut yang artinya cambuk, sehingga lambang kerajaan, bahkan sampai sekarang kita jumpai berbentuk sebuah cambuk. Yang menjadi raja pertama di Puri Agung Pemecutan Denpasar adalah I Gusti Ngurah Made Pamecutan, setelah beliau wafat di tahun 1813, tahta kerajaan diserahkan kepada I Gusti Gede Ngurah dan setelah dinobatkan diberi gelar I Gusti Ngurah Jambe Pemecutan dan merupakan Raja Denpasar ke-2 yang memerintah dari tahun 1813-1817.

Agendakan kunjungan tour anda untuk melihat arsitektur kuno di Puri Agung Pemecutan dan untuk menambah pengetahuin tentang wisata sejarah di Bali. Lokasinya cukup mudah untuk diaskses baik dari Kuta, Sanur, Nusa Dua maupun Bandara. Mau berkunjung ke sini anda bisa sewa mobil di Bali, atau paket-paket city tour ke kota Denpasar dengan mengunjungi objek wisata lainnya seperti Taman Budaya (art centre), Museum Bali, Pasar Badung, Kumbasari dan Monumen Bajra Sandhi.

Selain ikut tour atau sewa mobil mengantar anda menujungi tempat wisata bersejarah seperti Puri Agung Pemecutan, sejumlah atraksi wisata kami juga sediakan tiketnya seperti permaianan rafting, safari unta, watersport, cruise, kapal selam odyssey submarine, mendaki ke Gunung Agung, sampai tiket penyebrangan ke Lombok dan Gili Trawangan dengan fast boat atau kapal cepat.

 


  • 15 April 2020
  • Oleh: Denpasar Kota
  • Dibaca: 1895 Pengunjung

Datang & Kunjungi Terkait Lainnya